THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 21 September 2008

HASIL ANALISA

Judul

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel

Alamat

images.soemarno.multiply.com/attachment/0/RgBzRwoKCpkAAFjYeg41/konsumen%20ponsel%20Nokia%20di%20Jawa%20Timur.doc

Analisis

Latar belakang masalah

Pada dasarnya konsumen membeli barang atau jasa adalah untuk memuaskan berbagai keinginan dan kebutuhan. Terkait dengan masalah kebutuhan konsumen yang semakin meningkat, pada saat ini kebutuhan konsumen akan ponsel berbeda-beda, sesuai dengan fungsi kegunaannya. Oleh karna itu pertimbangan konsumen dalam memilih ponsel makin beragam dan dipengaruhi oleh faktor-faktor dari dalam maupun dari luar dirinya.

Masalah

mencari tahu fator-faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa dan fakton mana yang berpengaruh paling dominan dalam pengambilan keputusan pembelian ponsel merek Nokia di Jawa Timur.

Tujuan

untuk mengetahui faktor-faktor apa saja dan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian ponsel merek Nokia di Jawa Timur.

Metedelogi

lokasi penelitian dilakukan di Perguruan Tinggi Negri dan Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur khususnya Surabaya, dengan populasi targetnya adalah mahasiswa S1 yang ada di Surabaya, Malang, dan Jember. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 115.

Model/instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan akala likert yang menggunakan interval penilaian setiap jawaban responden dengan skor angka 1 sampai 5.Teknik pengujian untuk mengetahui relibilitas dan validitas variabel yang diteliti menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.

Metode yang digunakan untuk menganalisi data ini yaitu menggunakan metode analisi faktor dan metode analisis regresi linier berganda.

Pembahasan

Dalam analisis faktor terdapat 2 analisis yaitu analisis faktor untuk varibel bebas dan analisis faktor untuk variabel terikat. Dalam analisis faktor untuk variabel bebas ditentukan menggunakan langkah-langkah yaitu; matrik korelasi, menentukan jumlah faktor, rotasi faktor,interpretasi faktor lalu uji ketepatan model. Dalam analisis faktor untuk variabel terikat langkah-langkah yang digunakan lebih singkat yaitu mencari matrik korelasi lalu menentukan jumlah faktor.

Dalam analisis regresi berganda, uji statistik ini digunakan untuk menentukan faktor model, kebutuhan, tempat belanja, potongan harga, keluarga, prestise, dan faktor personal selling.

Kesimpulan

Penelitian ini menggunakan dua model analisis yaitu analisis faktor dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa faktor model, faktor kebutuhan, faktor tempat belanja, faktor potongan harga, faktor keluarga, faktor prestise, dan faktor personal selling mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian ponsel merek Nokia di Jawa Timur. Faktor model merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian ponsel merek Nokia.

Pengarang

· Retno Sri Haryanti Alumnus Pascasarjana Unibraw

· Armanu Thoyib, SE, M.Sc, Ph.D Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

· Multifiah, SE, MS Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

Tema

Prilaku konsumen terhadap keputusan membeli