THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 23 Oktober 2008

Judul

Pengaruh Gaya Hidup konsumen Terhadap keputusan pembelian Perhiasan Berlian Di Kota Banjarmasin

Alamat

images.soemarno.multiply.com/attachment/0/RgByggoKCpkAAFKzJgQ1/konsumen%20perhiasan%20berlian%20di%20Banjarmasin.doc

Analisis

Latar belakang masalah

Berkaitan dengan penampilan seseorang yang ingin tampil lebih menarik, lebih percaya diri, trendi dan mengikuti mode maka penggunaan perhiasan berlian merupakan salah satu alternatif untuk mencapai tujuan tersebut. Oleh karena gaya hidup adalah faktor penting untuk diketahui oleh pemasar terutama dalam era persaingan yang semakin kompleks.

Masalah

Faktor gaya hidup (AIO) manakah yang dipertimbangkan konsumen dan manakah yang paling besar dalam memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian perhiasan berlian di Kota Banjarmasin.

Tujuan

Mengidentifikasi faktor gaya hidup (AIO) yang dipertimbangkan konsumen dan Menentukan faktor yang paling besar memberikan pengaruh terhadap keputusan dalam pembeli perhiasan berlian di Kota Banjarmasin.

Metedelogi

Populasi dalam penelitian ini meliputi semua konsumen akhir yang membeli perhiasan berlian dan bertempat tinggal di Banjarmasin.ber jumlah 250 responden. Peneliti menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang bentuknya tertutup dengan pilihan jawaban mempergunakan skala Likert dengan 5 alternatif.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan dilanjutkan dengan analisis regresi berganda, dan uji asumsi klasik.

Pembahasan

Berdasarkan hasil perhitungan analisis berganda, diketahui koefisien regresi faktor 1 sampai dengan 5 adalah sebesar 0,04649, 0,06224. 0,05130, 0,146, 0,05715 , yang berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian.Faktor 6, diketahui koefisien regresinya adalah sebesar 0,01286.faktor 6 (faktor belanja) tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam keputusan pembelian berlian karena faktor belanja hanya menjelaskan kebiasan-kebiasan belanja responden.Faktor 7 dan 8 diketahui koefisien regresinya adalah sebesar 0,06893 dan 0,06935. yang berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian.

Faktor 9, diketahui koefisien regresinya sebesar - 0,005112.secara parsial faktor 9 faktor 9 tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam keputusan pembelian perhiasan berlian karena hobbi hanya merupakan pemanfaat waktu saja bukan untuk dijadikan profesi.

Kesimpulan

Terdapat sembilan faktor gaya hidup yang konsumen dalam pembelian perhiasan berlian di kota Banjarmasin, yaitu :Faktor Status, Harga, Komunitas, Kebiasaan, Sosial, Pembelian, Situasi, Referensi, Kesenangan.Faktor kebiasaan yang terdiri dari variabel bisnis dan budaya memberikan pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian perhiasan berlian.

Pengarang

Ilhamiyah Universitas Islam Kalimantan Banjarmasin

Agus Suman Fakultas Ekonomi Unibraw Malang

Margono Setiawan Fakultas Ekonomi Unibraw Malang

Tema

Prilaku konsumen terhadap keputusan membeli


Judul

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Patung Kayu Pada Toko Kerajinan (Art Shop) Di Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali

Alamat

images.soemarno.multiply.com/attachment/0/RgByqwoKCpkAAFTlXBk1/konsumen%20produk%20patung%20kayu%20di%20gianyar,%20bali.doc

Analisis

Latar belakang masalah

Kunjungan wisatawan ke Pulau Bali berdampak pada sektor industri patung kayu yang merupakan produk andalan Bali dan sudah memiliki pasar sampai ke luar negeri. Agar kelanjutan pemasaran patung kayu dapat terus berjalan, khususnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen luar negeri, maka analisis perilaku konsumen merupakan salah satu cara untuk memenuhi keberhasilan pemasarannya.

Masalah

Faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan oleh konsumen dan Faktor manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan dalam keputusan pembelian produk patung kayu pada toko kerajinan (art shop) di Kecamatan Sukawati Gianyar Bali.

Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dan Faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan dalam keputusan pembelian produk patung kayu.

Metedelogi

Lokasi penelitian ditetapkan di Kecamatan Gianyar Yang menjadi populasi yaitu seluruh wisatawan mancanegara yang berkunjung pada toko kerajinan (art shop) patung kayu di Kecamatan Sukawati Gianyar Bali. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode accidental sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan. Jumlah sampel ditetapkan 100 responden. Alat analisa yang digunakan adalah analisis factor dan analisis regresi berganda.

Pembahasan

Dari uji analisis faktor diperoleh hasil bahwa 6 faktor merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk patung kayu. Faktor-faktor tersebut adalah faktor harga dengan eigen value 4,63653, faktor promosi dengan eigen value 3,15352, faktor referensi dengan eigen value 1,87740, faktor produk dengan eigen value 1,58539, faktor budaya dengan eigen value 1,34874 dan faktor kondisi fisik dengan eigen value 1,10984.

Dengan analisis regresi berganda diketahui 74% keputusan pembelian patung kayu dipengaruhi oleh enam faktor sebagai variabel independen, nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,74504. Fhitung=45,29365 > Ftabel =2,29 signifikan pada =5%. nilai thitung sebesar 8,594 (tertinggi di antara enam faktor yang mempengaruhi konsumen).

Kesimpulan

Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel produk, harga referensi, budaya, promosi dan kondisi fisik mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk patung kayu pada toko kerajinan (art shop) di Kecamatan Sukawati Gianyar Bali.

Pengarang

Eka Sulistyawati Mahasiswa Program Magister Manajemen, PPSUB

Titiek Multifiah. Dosen Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, FE Unibraw

Armanu Thoyib Dosen Jurusan Manajemen, FE Unibraw

Tema

Prilaku konsumen terhadap keputusan membeli.