THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 25 Desember 2008

TUGAS MANDIRI

Tema : pengaruh konsumen terhadap promosi

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Di masa seperti ini banyak kita lihat tempat-tempat usaha yang berdiri diberbagai tempat, dari pedagang kakilima hingga hingga tempat usaha yang memberikan kesan kemewahan dan terkadang tempat usaha tersebut saling berdekatan dengan memberikan penawaran yang sejenis. Diantara usaha-usaha yang bermunculan, paling banyak kita lihat adalah usaha rumah makan atau restoran. Para pengusaha beranggapan bahwa restoran mungkin memiliki peluang bisnis yang lebih baik, walaupun pada kenyataannya mereka saling bersaing untuk menarik para konsumen menjadi tertarik dengan apa yang mereka jual.Seperti usaha rumah makan atau restoran, seperti yang telah kita amati selama ini, tidak sedikit kita melihat restoran yang berdiri saling berdekatan dengan memberikan kesan bahwa mereka saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Dengan adanya keadaan seperti ini membuat pengusaha-pengusaha harus berfikir mencari jalan dan bersaing untuk menarik konsumen agar memilih restorannya.

Begitupun dengan restoran Steak & Ribs kenyot Corp. mereka harus bersaing untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi dari tahun-tahun sebelumnya.untuk itu manajer restoran harus melakukan promosi yang lebih baik lagi untuk dapat meningkatkan jumlah pelnggannya.

Tujuan

Tujuan dari proposal penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran pasti mengenai pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan restoran steak & ribs kenyot corp. , serta kebijakan apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan.

Masalah

Apakah kegiatan promosi berpengaruh terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan? Dan strategi dan kebijakan apa sajakah yang diperlukan untuk meninggkatkan jumlah pelanggan restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.?

METODOLOGI

Sampel

penelitian menggunakan instrumen berupa koeisioner dengan skala likert yang menggunakan interval penelitian setiap jawaban responden dinyatakan dengan skor angka 1 sampai 5.

Teknik pengujian untuk mengetahui relibilitas dan validitas variabel yang diteliti menggunakan uji validitas dan uji relaibilitas. Metode yang digunakan untuk menganalisis data tersebut yaitu dengan menggunakan metode analisis faktor dan metode analisis regresi linier berganda.

Lokasi penelitian dilakukan disebuah pusat perbelanjaan modern dengan populasi targetnya adalah seluruh pengunjung pusat perbelanjaan tersebut, jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 75orang pengunjung.

Model

Data yang akan dipakai disini adalah berupa data primer yang diperoleh langsung dari para pengunjung restoran. Metode yang akan digunakan yaitu berupa kuisioner dan wawancara.

Variabel

Dalam koeisioner yang akan dibagikan kepada para pengunjung, yang akan ditanyakan mengenai faktor apa saja yang diinginkan pelanggan dalam memilih rumah makan dan promosi apa saja yang membuat mereka tertarik. Dan variabel-variabel yang diperlukan yaitu mengenai harga, kenyamanan, rasa makanan, lokasi tempat, iklan yang disukai, kebiasaan dalam melihat suatu promosi.

Rancangan analisis

Dalam analisis ini pertama-tama yang harus kita lakukan adalah membuat koeisioner terlebih dahulu dan menyebarkannya kepada para responden dengan variabel-variabel yang telah ditentukan, setelah kemudian kita hitung hasil koesioner tersebut dengan bobot sbagai berikut :

Angka 4 = sangat setuju

Angka 3 = setuju

Angka 2 = tidak setuju

Angka 1 = sangat tidak setuju

Dari tiap-tiap bobot nilai yang diberikan kepada masing-masing pilihan jawaban kemudian akan dikaitkan dengan jmlah responden.

  1. % jumlah responden : jumlah x 100%

Jumlah sampel

b. nilai tertinggi : 4 x jumlah sampel

c. nilai terendah : 1 x jumlah sampel

d. jarak : nilai tertinggi – nilai terendah

e. interval : jarak

banyak kelas

kemudian dari perhitungan tersebut kita dapat menetukan intervalnya.

Lalu setelah itu kita akan cari rata-rata hitungnya dengan menggunakan rumus :

Rata-rata hitung = jumlah bobot nilai

Ni

Ket:

Ni = jumlah responden

Setelah itu, kita dapat menghitung hasilnya dengan menggunakan uji chi square yang digunakan untuk menguji per variabel.

Kesimpulan

Setelah kita mendapatkan hasil dari perhitungan diatas maka dapat disimpulkan bahwa yang paling berpengaruh dalam meningkatkan jumlah konsumen adalah dengan mengadakan promosi secara langsung dan melakukan promosi yang berkaitan dengan promosi yang berhubungan dengan harga yang ditawarkan.