THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 23 Oktober 2008

Judul

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Patung Kayu Pada Toko Kerajinan (Art Shop) Di Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali

Alamat

images.soemarno.multiply.com/attachment/0/RgByqwoKCpkAAFTlXBk1/konsumen%20produk%20patung%20kayu%20di%20gianyar,%20bali.doc

Analisis

Latar belakang masalah

Kunjungan wisatawan ke Pulau Bali berdampak pada sektor industri patung kayu yang merupakan produk andalan Bali dan sudah memiliki pasar sampai ke luar negeri. Agar kelanjutan pemasaran patung kayu dapat terus berjalan, khususnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen luar negeri, maka analisis perilaku konsumen merupakan salah satu cara untuk memenuhi keberhasilan pemasarannya.

Masalah

Faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan oleh konsumen dan Faktor manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan dalam keputusan pembelian produk patung kayu pada toko kerajinan (art shop) di Kecamatan Sukawati Gianyar Bali.

Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dan Faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan dalam keputusan pembelian produk patung kayu.

Metedelogi

Lokasi penelitian ditetapkan di Kecamatan Gianyar Yang menjadi populasi yaitu seluruh wisatawan mancanegara yang berkunjung pada toko kerajinan (art shop) patung kayu di Kecamatan Sukawati Gianyar Bali. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode accidental sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan. Jumlah sampel ditetapkan 100 responden. Alat analisa yang digunakan adalah analisis factor dan analisis regresi berganda.

Pembahasan

Dari uji analisis faktor diperoleh hasil bahwa 6 faktor merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk patung kayu. Faktor-faktor tersebut adalah faktor harga dengan eigen value 4,63653, faktor promosi dengan eigen value 3,15352, faktor referensi dengan eigen value 1,87740, faktor produk dengan eigen value 1,58539, faktor budaya dengan eigen value 1,34874 dan faktor kondisi fisik dengan eigen value 1,10984.

Dengan analisis regresi berganda diketahui 74% keputusan pembelian patung kayu dipengaruhi oleh enam faktor sebagai variabel independen, nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,74504. Fhitung=45,29365 > Ftabel =2,29 signifikan pada =5%. nilai thitung sebesar 8,594 (tertinggi di antara enam faktor yang mempengaruhi konsumen).

Kesimpulan

Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel produk, harga referensi, budaya, promosi dan kondisi fisik mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk patung kayu pada toko kerajinan (art shop) di Kecamatan Sukawati Gianyar Bali.

Pengarang

Eka Sulistyawati Mahasiswa Program Magister Manajemen, PPSUB

Titiek Multifiah. Dosen Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, FE Unibraw

Armanu Thoyib Dosen Jurusan Manajemen, FE Unibraw

Tema

Prilaku konsumen terhadap keputusan membeli.

0 komentar: