THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 23 Oktober 2008

Judul

Pengaruh Gaya Hidup konsumen Terhadap keputusan pembelian Perhiasan Berlian Di Kota Banjarmasin

Alamat

images.soemarno.multiply.com/attachment/0/RgByggoKCpkAAFKzJgQ1/konsumen%20perhiasan%20berlian%20di%20Banjarmasin.doc

Analisis

Latar belakang masalah

Berkaitan dengan penampilan seseorang yang ingin tampil lebih menarik, lebih percaya diri, trendi dan mengikuti mode maka penggunaan perhiasan berlian merupakan salah satu alternatif untuk mencapai tujuan tersebut. Oleh karena gaya hidup adalah faktor penting untuk diketahui oleh pemasar terutama dalam era persaingan yang semakin kompleks.

Masalah

Faktor gaya hidup (AIO) manakah yang dipertimbangkan konsumen dan manakah yang paling besar dalam memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian perhiasan berlian di Kota Banjarmasin.

Tujuan

Mengidentifikasi faktor gaya hidup (AIO) yang dipertimbangkan konsumen dan Menentukan faktor yang paling besar memberikan pengaruh terhadap keputusan dalam pembeli perhiasan berlian di Kota Banjarmasin.

Metedelogi

Populasi dalam penelitian ini meliputi semua konsumen akhir yang membeli perhiasan berlian dan bertempat tinggal di Banjarmasin.ber jumlah 250 responden. Peneliti menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang bentuknya tertutup dengan pilihan jawaban mempergunakan skala Likert dengan 5 alternatif.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan dilanjutkan dengan analisis regresi berganda, dan uji asumsi klasik.

Pembahasan

Berdasarkan hasil perhitungan analisis berganda, diketahui koefisien regresi faktor 1 sampai dengan 5 adalah sebesar 0,04649, 0,06224. 0,05130, 0,146, 0,05715 , yang berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian.Faktor 6, diketahui koefisien regresinya adalah sebesar 0,01286.faktor 6 (faktor belanja) tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam keputusan pembelian berlian karena faktor belanja hanya menjelaskan kebiasan-kebiasan belanja responden.Faktor 7 dan 8 diketahui koefisien regresinya adalah sebesar 0,06893 dan 0,06935. yang berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian.

Faktor 9, diketahui koefisien regresinya sebesar - 0,005112.secara parsial faktor 9 faktor 9 tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam keputusan pembelian perhiasan berlian karena hobbi hanya merupakan pemanfaat waktu saja bukan untuk dijadikan profesi.

Kesimpulan

Terdapat sembilan faktor gaya hidup yang konsumen dalam pembelian perhiasan berlian di kota Banjarmasin, yaitu :Faktor Status, Harga, Komunitas, Kebiasaan, Sosial, Pembelian, Situasi, Referensi, Kesenangan.Faktor kebiasaan yang terdiri dari variabel bisnis dan budaya memberikan pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian perhiasan berlian.

Pengarang

Ilhamiyah Universitas Islam Kalimantan Banjarmasin

Agus Suman Fakultas Ekonomi Unibraw Malang

Margono Setiawan Fakultas Ekonomi Unibraw Malang

Tema

Prilaku konsumen terhadap keputusan membeli


0 komentar: